Tips Agar Nyenyak Tidur

Ilustrasi tidur.

Ilustrasi tidur.

Tidur memang suatu aktivitas yang vital, jika pola tidur berantakan akan mengganggu pekerjaan dan kesehatan. Untuk itu pada kesempatan ini saya yang juga sering mengalami gangguan tidur memberi tips agar lebih cepat tidur dan nyenyak tidur yang saya ambil infonya dari berbagai sumber.

1. Hindari Cahaya

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya akan mendorong produksinya.

2. Tenangkan Pikiran 

Tenangkan pikiran dan emosi anda sekitar satu jam sebelum tidur. Mendengarkan musik dan membaca dapat menenangkan pikiran anda.

3. Minum Susu

Susu hangat dapat diminum sebelum tidur. Bukan hanya mitos, susu hangat terbukti dapat membuat tidur lebih nyenyak karena mengandung triptofan dan asam amino. Kandungan triptofan dan asam amino pada susu dapat membantu menenangkan pikiran.

4. Hindari Kafein

Kopi memang bagus untuk kesehatan, namun saat menjelang waktu tidur, anda perlu menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dalam waktu 9 jam sebelum tidur.

5. Atur Jadwal Tidur

Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

 

Itulah ke-5 tips agar nyenyak tidur. Selamat mencoba dan semoga anda tertidur nyenyak malam ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s