Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini

image

Insomnia atau masalah susah tidur seolah menjadi momok yang menakutkan terutama bagi pelajar seperti kita yang mempunyai jadwal padat dipagi harinya.

Kurang tidur membuat kita kurang bersemangat dan fit di pagi hari sehingga mengurangi produktivitas. Nah kalo udah kaya gini pasti konsentrasi dan prestasi ktia dipertaruhkan disituasi ini. Nah berikut gue bakal bagi/sharing tips-tipsnya sama loe.

Minum Susu Sebelum Tidur
Ritual minum susu sebelum tidur ini juga ternyata ampuh banget cuy ! Biasanya anak-anak dibawah usia sebelas tahun yang tetap rutin ngelakuin ritual ini sementara para remaja kaya kita udah jarang banget ngelakuinnya. Hmm….mungkin karena mager kali iya, ehehehe. Sebenarnya minum susu sebelum tidur di malam hari itu bermanfaat banget lho buat ngebantu lo biar bisa tidur nyenyak.

Dan  ini pun terbukti secara ilmiah. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa segelas susu mempunyai nutrisi asam amino tritopan yang berguna untuk meringankan masalah tidur seseorang. Ini karena asam amino tritopan dapat membuat seseorang merasa lebih relax untuk persiapan tidurnya.

Jangan Minum Kopi di Malam Hari
Iya, gue kira ini sangat masuk akal karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu jam tidur kita di malam hari karena efek yang bertahan hingga berjam-jam.
Kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon utama tidur di tubuh. Tingkat melatonin yang berfluktuasi membantu menentukan waktu alami tubuh untuk tidur dan bangun dari tidur (bbc indonesia).

Nah, ada baiknya agan ngopi pas di sore hari. Jangan ngopi dibawah jam 6 sore karena efeknya itu tadi jadi ngga bisa tidur. Ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Jangan Tunda Jam Tidur
Disaat lo ngelakuin hal lo suka dimalam hari dan mengabaikan rasa kantuk lo, gue rasa lo harus cepet berubah dari kebiasaan lo itu. Banyak remaja yang nahan rasa kantuknya karena begadang. Nah ini ngga baik juga lho kalau dilakuin berlebihan.

Jam tidur yang ditunda bisa menimbulkan insomnia dan pada akhirnya lo malah ngga bisa tidur karena stimulasi ngantuk lo udah habis.

Dengerin Musik
Mendengarkan musik bisa jadi pilihan yang oke sebelum lo beranjak tidur. Karena musik bisa menstimulasi suasana hati/mood lo menjadi lebih asik.
Saran: dengerin musik make headset atau earphone biar suaranya keliatan lebih jelas lalu tutup mata lo dan rasain emosi lagu yang lo dengerin. Entah itu ceria, melankolis atau yang bertema perjuangan.

Nah, gue harap dengan gue sharing di postingan gue kali ini bisa bermanfaat buat lo yang lagi ngerasain insomnia. Dan inget lo ngga sendiri gue juga ngerasain apa yang lo rasa. Jadi tetep optimis iya !

Referensi: http://www.carakhasiatmanfaat.com
http://www.cnnindonesia.com
http://www.alodokter.com

Baca Juga:
                      Wacana Naik Harga Rokok, Momentum Bagus?
Belajar Asik dan Efektif
Stres, Sebuah Renungan
Hobi Kecil Penuh Manfaat

Antara Desa dan Ibu Kota

Menjauh dari segala parasit benalu
Yang kebaradaannya tak membantu
Senyum mereka adalah senyum palsu
Dibalik semuah hal itu
Mereka berniat mencelakaiku

Baringkan tubuh sejenak lihat kejendela
Sambil bayangkan teman-teman lama
Yang baik tak terhingga
Berharap aku bisa cepat-cepat kesana
Dan bertemu mereka semuah
Jadi pelipur sesak di dalam dada

Tak ada yang lebih baik dari teman-teman lama dan keluarga
Yang setia menunggu di desa
Disiniku saban hari disiksa
Oleh kebejatan setan ibu kota
Yeah, aku akan kembali dan menangis bersama
Disana, di sebuah desa.

Baca Juga: Batin yang Jenuh
                     Oknum Politisi
                    

Sensasi Picisan dan Kritik Untuk Awkarin

bukti

Bukti Awkarin mengakui perbuatannya. sumber: kaskus.co.id dari user bernama Hagihanif

Gue rasa belum terlambat untuk ngebahas soal fenomena Awkarin yang populer di dunia maya berkat sensasi yang ia buat. Baru-baru ini ia dilaporkan oleh user change.org yang bernama Donat Oreo Enak karena melecehkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Beginilah isi pernyataan pelapor di situs change.org:

“Saya mewakili seluruh rakyat Indonesia. Melaporkan atas pelanggaran yang sangat berat yang telah dilakukan karin novilda atau yang biasa dikenal aw karin. Atas pelanggaran Pelecehan Lagu Kebangsaan (http://ask.fm/awkarin/answers/135704209788 Selain itu juga banyak kejahatan yang dia lakukan seperti menipu berbagai Online Shop ( bisa di cek instagram @korbanawkarin) menghina agama (bisa di cek di @ewkarinnn.masihada) di instagram dan banyak lagi. Saya harap kita bisa bersatu bersama untuk petisi ini. Terima kasih. Mohon maaf bila nama pembuat petisi seperti itu. Saya hanya ingin menjaga privasi saya. Mohon pengertiannya.”

Sekedar info saja bahwa change.org adalah situs membuat petisi online bagi seluruh netizen di dunia untuk membuat perubahan. Banyak komentar bernada negatif dari netizen tentang perilaku Awkarin ini yang ngga patut dijadiin tauladan. Diantaranya ada komentar dari Ananda Putri yang ngga setuju yang berbunyi: “Saya mendukung karena perbuatan awkarin a.k.a karin novilda merugikan orang lain, sering berkata kasar yang tidak patut dicontoh, melecehkan lagu kebangsaan indonesia raya.”

Fenomena Awkarin, Ketika Sensasi Jadi Jalan Pintas

Awkarin atau Karin Novilda awalnya tidak dikenal publik internet. Namun seiring ia giat memposting foto-fotonya yang fashionable, vulgar dan penuh sensasi sarkasme. Menjadi populer di jaman sekarang ngga susah amat. Terlebih lagi si Karin doyan memamerkan foto vulgarnya dalam bentuk foto maupun video blog (vlog). Otomatis dia dapet perhatian lebih dari para netizen bermata keranjang dan sesaat menjadi viral di dunia maya.

Awkarin dan Efek Dominonya

Fenomena sensasi Awkarin ini bakal berefek domino dan berbahaya ! Kenapa penulis berpikir demikian? Karena kebanyakan follower Awkarin itu masih remaja dibawah umur dan berpotensi mengikutin apa yang Awkarin lakuin termasuk hal-hal yang negatifnya kaya make bocoran buat ujian, berkata-kata kasar sampe jadiin hubungan pacaran sebagai perioritas hidupnya dan mengesampingkan hal-hal lain yang lebih perlu. Ini dibuktikan dengan dia make bocoran jawaban UN karena dia lebih fokus ngurusin hubungan pacarannya.

Solusi Untuk Hal Tersebut

Iya, sebaiknya petisi ini menjadi pemerintah khusus Kementerian Komunikasi karena telah menyalagunakan internet sebagai tempat untuk mengumbar perbuatan vulgar dan pelecahan terhadap lagu wajib nasional, kalau hal ini ngga ditanggapi serius oleh pemerintah akan berefek buruk bagi generasi bangsa.

Referensi:

http://www.tribunnews.com

http://www.change.org

Baca juga:

Hobi Kecil Penuh Manfaat

Stres, Sebuah Renungan

Batin yang Jenuh

Stres, Sebuah Renungan

Stres, semuah orang pasti perna ngerasain stres karena tekanan hidup/tuntutan kerjaan. Sebenarnya apa sih itu stres? Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Jadi stres berasal dari ketegangan dan ketegangan berasal dari cara berpikir berlebihan dan rasa cemas. Sebenernya ada cara-cara simple yang ngga susah amat tapi harus dilakuin secara continue (terus-menerus).

Meditasi Adalah Sebuah Solusi
Sepengalaman penulis bermeditasi adalah aktivitas yang jitu buat meredam/menghilangkan rasa stres. Ngga perlu lama-lama kok 10 sampe 15 menit aja udah cukup buat ngerasain manfaatnya. Penulis biasanya melakukan meditasi sambil menghitung 1 sampe 50 biar lebih fokus. 

Meditasi bisa lo lakuin di tempat yang sunyi atau minim suara seperti kamar tidur atau kamar mandi (kalau ngga bau). Duduk bersila atau di kursi juga bisa asalkan posisi punggung lo tegak dan leher lo sedikit di kebawahin. Ini berguna biar lo lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan tarik nafas keluar nafas.

Berpikir ke Akar Masalah
Jangan mati-matian mencoba buat ngga over thinking (berpikir berlebihan) itu malah membuat lo makin dikejar over thinking lo dan pikiran lo ngga perna damai.

Sebaliknya, biarkan diri lo tenang dulu. Tarik nafas tahan selama 10 detik terus keluarin dan lakuin hal itu sedikitnya 4x aja. Sesudah itu lo mulai berpikir deh ke akar masalah.

Gue kasih contoh akar masalahnya: “aduh, gimana iya gue takut nilai ujian gue jelek nanti,”
Nanti berarti akar masalah lu adalah takut nilai ujian lo jelek. Sekarang coba lawan rasa takut lo dengan argumen ini: “gimana kalo nilai gue ngga bakal jelek? Gimana kalo justru nanti nilai gue bagus karena giat belajar dan sebelumnya juga gue perna dapet nilai yang bagus. Gue pasti sanggup ngelakuinnya !”

Ngelawan segala kemungkinan-kemungkinan jelek dengan kemungkinan-kemungkinan bagus yang bakal terjadi ngebuat diri lo lepas dan rasa cemas. Apa lagi kalau lo bisa memberi motivasi ke diri lo sendiri kaya “gue pasti bisa ngelakuin hal itu karena sebelumnya gue bisa ngelakuinnya,” bakal ngebuat lo lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas lo.

Mengubah Mindset/Pola Pikir
Saat lo terbebani dengan isi kepala lo yang cenderung negatif sama apa yang akan terjadi nanti/di masa depan. Ada yang harus dirubah di dalam diri lo, yaitu mindset lo !

Lo sering takut apa masa depan lo cerah atau ngga, pacar lo setia atau ngga dan apa lo itu cukup baik dimata orang-orang atau ngga.

Stop ngelakuin tindakan bodoh kaya gitu karena itu justru makin membani lo. Mulai berpikir positif dan jangan terlalu berharap, baik sama sikap pendapat orang tentang lo maupun keinginan duniawi. Terlalu banyak pengharapan bakal ngebuat makan terlalu banyak kekecewaan.

Sebaliknya lo harus mulai bersyukur dan menikmati apa yang udah lo capai dan punya. Lo fokus kedua hal itu dan ngga terlalu banyak berharap, bakal ngebuat hidup lo lebih bahagia.
Umpamanya aja gini lo ngga bahagia karena lo cuma punya sepatu converse dan belom punya sepatu adidas. Tapi seharusnya lo melihat sisi positifnya kalau lo masih punya sepatu untuk dipakai sehari-hari dan converse termasuk sepatu yang ngga kalah keren dari adidas.

Hobi Kecil Penuh Manfaat

image

Dokumentasi pribadi

Hei hei ketemu lagi sama gue ! By the way, semuah orang yang ada di dunia ini pasti punya hobi termasuk lo juga. Hobi bisa ngilangin rasa suntuk ama stres. Semuah rasa jenuh/suntuk lo teralihkan oleh hobi yang lo lakuin. Nah, gue mau infoin ini ke elu apa aja hobi yang bisa bermanfaat banget buat lo !

1.Membaca
Angka kegemaran membaca di Indonesia masih jauh banget dari negara-negara di dunia yaitu hanya sebesar 0,001 ! Ntuh makanya jadiin membaca sebagai hobi lo. Membaca dapet mendatangkan manfaat diantaranya ngilangin rasa stres karena lo terfokus membaca isi bukunya dan hanyut dalam imajinasi. Selain itu juga membaca bisa ngebuat daya inget lo lebih tajem dan lo bisa nemuin istilah/kata-kata baru yang menambah wawasan lu pastinya !

2.Bermeditasi
Bermeditasi bisa jadi pilihan yang tepat saat lo udah kelar sama kerjaan/atau tugas sekolah lo. Bermeditasi juga bisa ngebuat sirkulasi darah lu lancar, meredam rasa stres dan keinginan buat berpikir berlebihan (over thinking). Karena saat meditasi lo terfokus dengan nafas lo yang keluar masuk lewat hidung dan mulut.

3.Minum Teh
Aktivitas yang suka dilakuin orang Inggris ini juga ngga kalah mengasyikan. Gue saranin minum teh di akhir pekan, diluar rumah atau ruangan yang dekat jendela luar. Pikiran lo jadi lebih tenang saat tegukan pertama teh lo masuk ke tenggorokan lu. Tarik nafas keluar masuk sebanyak empat kali aja (tapi perlahan-lahan) biar lebih ngefek.

4.Tidur
Simple iya? Tapi tidur bermanfaat banget lho. Tidur mencegah lo berpikir berlebihan dan menetralisir beban pikiran lo dengan adanya mimpi. Makan kacang sama minum susu anget 10 menit sebelum lo tidur. Kalo itu ngga berhasil coba berbaring di tempat tidur, tutup mata lu meditasi sampe hitungan ke 50. Saat lo udah ngelakuin itu batin lo jadi lebih relax dan lo udah siap buat tidur !

                    Lihat Juga:
Belajar Asik dan Efektif
Penaikan Harga Rokok, Momentum Bagus?

SEPOTONG BULAN DI LANGIT PALESTINA

Puisi yang keren !

Blog Sastra F. Rahardi

Sepotong bulan menempel di
langit Palestina masihkah itu
bulan yang beribu tahun silam
ditikam dan dicongkel lalu lepas
dan entah jatuh entah tidak
bulan itu benarkah yang dulu
dirindukan Musa dan dikejar-kejar
Daud dan Goliath
sepotong bulan itu
tidak bulat tidak kuning
tidak tipis tetapi masih mungkinkah
bulan itu menempel di atas Jerusalem

View original post 195 more words

Belajar Asik dan Efektif

Hei pembaca blog gue. Kali ini gue mau sharing tentang gimana caranya belajar yang efektif. Pasti pembaca blog gue ini rata-rata masih berstatus sebagai pelajar sama halnya dengan gue. Ehehehe. Oke deh ! Tanpa berlama-lama lagi gue kasih tips-tipsnya…..

1. Gunain Buku Agenda
Iya buku penting banget lho guys buat lo bawa ke sekolah. Karena lo bisa catet daftar PR apa aja yang harus lo kerjain dan juga jadwal kerpok (kerja kelompok) sama jadwal ekstra kulikuler. Bayangin deh kalo lo ngga bawa buku agenda pasti lo lupa hal apa aja yang musti lo inget kaya contohnya PR atau jadwal kerja kelompok. Bahaya fatal banget bisa ngebuat lo lupa akhirnya lo dapet nilai jelek dan juga mengakibatkan lo ngga disiplin.
Note: penulis saranin jangan gunain memo HP buat jadiin daftar agenda soalnya ribet dan HP lo ngga selamanya dalam keadaan on bisa aja dalam keadaan lowbattery

2. Baca, Baca dan Baca
Iya membaca juga ngga kalah penting dari bawa buku agenda. Buat lo hapal dan paham tentang materi pelajarannya lo harus sering-sering membaca. Iya ngga harus separagraph penuh halaman buku lo harus baca. Baca aja intisarinya dan ulang beberapa kali biar cepet nempel dah tuh kaya lem merek power glue !

3. Istirahat sama Makan

Pas lo udah pulang sekolah gue saranin tidur. Pas lo udah terbangun dari tidur lo itu lo makan deh ntuh ! Penulis saranin makan-makanan berserat tinggi kaya sayuran sama tempe soalnya bagus banget buat pencernaan dan ngebuat belajar jadi lebih konsen. Tunggu 15 menit setelah makan baru belajar biar ngasih perut lo waktu untuk fokus mencerna makanan yang baru lo makan.

4. Beri Motivasi Diri

Beri motivasi diri membuat belajar lebih menyenangkan. Beri diri lo motivasi belajar yang berhubung sama passion dan cita-cita lo semisal “gue punya bakat sebagai penulis dan itu terbukti dengan gue perna juara lomba nulis cerpen, gue harus lebih semangat belajar lagi buat menggapai obsesi gue,” gtuh gan !

Oke deh semoga membantu iya gan !

Batin yang Jenuh

Aku kembali membaca, menulis dan belajar
Di malam yang suntuk tak ada hiburan
Buku dan pena menjadi pengobat rasa sepi
Dikala tak ada yang memahami
Dikala mereka sibuk dengan urusan sendiri

Pada sunyinya kamar kecil ini
Aku bercerita pada batinku sendiri
Tentang semuah rasa sakit hati
Yang selalu bersemayam tanpa henti
Apa lagi ketika aku merasa sepi

Mungkin keluar melihat dunia luar
Bisa menjadi langkah besar
Untuk sembuhkan jiwa yang jenuh dan tepar
Terhadap semuah orang munafik berwatak kasar

Sebelum Nama, Sebelum Cerita

Sebelum Nama Sebelum Cerita

Rumah Filsafat

da639387b207f5f71e39ce4f4e790e51 pinimg.com

Oleh Reza A.A Wattimena

Alkisah, seorang pria sedang berjalan di pasar. Tiba-tiba, sepotong panah datang dari kejauhan, dan menancap ke lengan kanannya. Rasa sakit langsung menyengat lengannya, dan kemudian menyebar ke sekujur tubuhnya. Panah tersebut telah melukai tubuhnya.

Sejenak, ia berpikir, “Mengapa ini terjadi padaku? Apa yang telah kuperbuat, sehingga aku layak menerima musibah ini? Andaikan aku istirahat di rumah, tentu saja panah itu tidak akan datang padaku. Bagaimana jika lenganku cacat, dan nanti tubuhku tak sempurna lagi, sehingga para wanita akan meninggalkanku?” Inilah “panah kedua” yang melukai pikirannya.

View original post 452 more words

Wacana Naiknya Harga Rokok, Momentum Bagus?

smoking-kills

Ilustrasi. Sumber: modifylifestyle.com

Harga rokok di Indonesia yang dibawah Rp 20.000 menjadi penyebab banyaknya perokok di Indonesia terutama anak dibawah umur rokok di Indonesia. Inilah yang membuat Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily Sriwahyuni Susilowaty berinisiatif untuk menaikan harga rokok.

“Menurut saya untuk penyelamatannya adalah tax rokok harus ditingkatkan, harga rokok harus dimahalkan,” kata Lily di Jakarta, Jumat (3/6) dikutip dari republika.com

Selain itu juga pihak DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Indonesia menyetujui wacana ini lewat ketuanya sendiri Ade Komarudin. Ia berpendapat bahwa wacana itu sekaligus dapat mengurangi jumlah populasi perokok yang menjadi musuh bangsa.

“Saya setuju dengan kenaikan harga rokok,” kata Ade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/8/2016) dikutip dari kompas.com

Opini Pribadi

Iya gue sih jelas mendukung iya wacana berani dari Lily Sriwahyuni bahwa harga rokok bakal dinaikan untuk mencegah perokok pemuka mencegah kebiasaannya. Dan dilihat dari berbagai faktor juga merokok memang merugikan banget. Dilihat dari faktor ekonomi aja nih iya harga rokok di daerah gue itu mencapai Rp 15.000 per bungkus. Kalau dikalkulasiin seminggu aja nih guys bisa nyampe Rp 105.000 ! Dan tentunya itu juga ngeganggu kesehatan karena zat karbon monoksida yang ada di dalam rokok dapat mengikat diri dengan oksigen secara permanen sehingga menghalangi pasokan oksigen ke dalam tubuh dan ini yang membuat si perokok mudah merasakan kelelahan. Penulis juga akan cantumkan zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalam rokok:

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.

Menaikan harga rokok adalah langkah yang briliant ! Kenapa? Karena dengan naiknya harga rokok akan menyurutkan remaja/anak-anak yang penasaran ingin mencobanya selain itu juga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor cukai.

 

Referensi: http://www.kompas.com

                      http://www.republika.co.id

                      id.wikipedia.org

                    http://www.alodokter.com