Stres, Sebuah Renungan

Stres, semuah orang pasti perna ngerasain stres karena tekanan hidup/tuntutan kerjaan. Sebenarnya apa sih itu stres? Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Jadi stres berasal dari ketegangan dan ketegangan berasal dari cara berpikir berlebihan dan rasa cemas. Sebenernya ada cara-cara simple yang ngga susah amat tapi harus dilakuin secara continue (terus-menerus).

Meditasi Adalah Sebuah Solusi
Sepengalaman penulis bermeditasi adalah aktivitas yang jitu buat meredam/menghilangkan rasa stres. Ngga perlu lama-lama kok 10 sampe 15 menit aja udah cukup buat ngerasain manfaatnya. Penulis biasanya melakukan meditasi sambil menghitung 1 sampe 50 biar lebih fokus. 

Meditasi bisa lo lakuin di tempat yang sunyi atau minim suara seperti kamar tidur atau kamar mandi (kalau ngga bau). Duduk bersila atau di kursi juga bisa asalkan posisi punggung lo tegak dan leher lo sedikit di kebawahin. Ini berguna biar lo lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan tarik nafas keluar nafas.

Berpikir ke Akar Masalah
Jangan mati-matian mencoba buat ngga over thinking (berpikir berlebihan) itu malah membuat lo makin dikejar over thinking lo dan pikiran lo ngga perna damai.

Sebaliknya, biarkan diri lo tenang dulu. Tarik nafas tahan selama 10 detik terus keluarin dan lakuin hal itu sedikitnya 4x aja. Sesudah itu lo mulai berpikir deh ke akar masalah.

Gue kasih contoh akar masalahnya: “aduh, gimana iya gue takut nilai ujian gue jelek nanti,”
Nanti berarti akar masalah lu adalah takut nilai ujian lo jelek. Sekarang coba lawan rasa takut lo dengan argumen ini: “gimana kalo nilai gue ngga bakal jelek? Gimana kalo justru nanti nilai gue bagus karena giat belajar dan sebelumnya juga gue perna dapet nilai yang bagus. Gue pasti sanggup ngelakuinnya !”

Ngelawan segala kemungkinan-kemungkinan jelek dengan kemungkinan-kemungkinan bagus yang bakal terjadi ngebuat diri lo lepas dan rasa cemas. Apa lagi kalau lo bisa memberi motivasi ke diri lo sendiri kaya “gue pasti bisa ngelakuin hal itu karena sebelumnya gue bisa ngelakuinnya,” bakal ngebuat lo lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas lo.

Mengubah Mindset/Pola Pikir
Saat lo terbebani dengan isi kepala lo yang cenderung negatif sama apa yang akan terjadi nanti/di masa depan. Ada yang harus dirubah di dalam diri lo, yaitu mindset lo !

Lo sering takut apa masa depan lo cerah atau ngga, pacar lo setia atau ngga dan apa lo itu cukup baik dimata orang-orang atau ngga.

Stop ngelakuin tindakan bodoh kaya gitu karena itu justru makin membani lo. Mulai berpikir positif dan jangan terlalu berharap, baik sama sikap pendapat orang tentang lo maupun keinginan duniawi. Terlalu banyak pengharapan bakal ngebuat makan terlalu banyak kekecewaan.

Sebaliknya lo harus mulai bersyukur dan menikmati apa yang udah lo capai dan punya. Lo fokus kedua hal itu dan ngga terlalu banyak berharap, bakal ngebuat hidup lo lebih bahagia.
Umpamanya aja gini lo ngga bahagia karena lo cuma punya sepatu converse dan belom punya sepatu adidas. Tapi seharusnya lo melihat sisi positifnya kalau lo masih punya sepatu untuk dipakai sehari-hari dan converse termasuk sepatu yang ngga kalah keren dari adidas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s