Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini

image

Insomnia atau masalah susah tidur seolah menjadi momok yang menakutkan terutama bagi pelajar seperti kita yang mempunyai jadwal padat dipagi harinya.

Kurang tidur membuat kita kurang bersemangat dan fit di pagi hari sehingga mengurangi produktivitas. Nah kalo udah kaya gini pasti konsentrasi dan prestasi ktia dipertaruhkan disituasi ini. Nah berikut gue bakal bagi/sharing tips-tipsnya sama loe.

Minum Susu Sebelum Tidur
Ritual minum susu sebelum tidur ini juga ternyata ampuh banget cuy ! Biasanya anak-anak dibawah usia sebelas tahun yang tetap rutin ngelakuin ritual ini sementara para remaja kaya kita udah jarang banget ngelakuinnya. Hmm….mungkin karena mager kali iya, ehehehe. Sebenarnya minum susu sebelum tidur di malam hari itu bermanfaat banget lho buat ngebantu lo biar bisa tidur nyenyak.

Dan  ini pun terbukti secara ilmiah. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa segelas susu mempunyai nutrisi asam amino tritopan yang berguna untuk meringankan masalah tidur seseorang. Ini karena asam amino tritopan dapat membuat seseorang merasa lebih relax untuk persiapan tidurnya.

Jangan Minum Kopi di Malam Hari
Iya, gue kira ini sangat masuk akal karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu jam tidur kita di malam hari karena efek yang bertahan hingga berjam-jam.
Kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon utama tidur di tubuh. Tingkat melatonin yang berfluktuasi membantu menentukan waktu alami tubuh untuk tidur dan bangun dari tidur (bbc indonesia).

Nah, ada baiknya agan ngopi pas di sore hari. Jangan ngopi dibawah jam 6 sore karena efeknya itu tadi jadi ngga bisa tidur. Ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Jangan Tunda Jam Tidur
Disaat lo ngelakuin hal lo suka dimalam hari dan mengabaikan rasa kantuk lo, gue rasa lo harus cepet berubah dari kebiasaan lo itu. Banyak remaja yang nahan rasa kantuknya karena begadang. Nah ini ngga baik juga lho kalau dilakuin berlebihan.

Jam tidur yang ditunda bisa menimbulkan insomnia dan pada akhirnya lo malah ngga bisa tidur karena stimulasi ngantuk lo udah habis.

Dengerin Musik
Mendengarkan musik bisa jadi pilihan yang oke sebelum lo beranjak tidur. Karena musik bisa menstimulasi suasana hati/mood lo menjadi lebih asik.
Saran: dengerin musik make headset atau earphone biar suaranya keliatan lebih jelas lalu tutup mata lo dan rasain emosi lagu yang lo dengerin. Entah itu ceria, melankolis atau yang bertema perjuangan.

Nah, gue harap dengan gue sharing di postingan gue kali ini bisa bermanfaat buat lo yang lagi ngerasain insomnia. Dan inget lo ngga sendiri gue juga ngerasain apa yang lo rasa. Jadi tetep optimis iya !

Referensi: http://www.carakhasiatmanfaat.com
http://www.cnnindonesia.com
http://www.alodokter.com

Baca Juga:
                      Wacana Naik Harga Rokok, Momentum Bagus?
Belajar Asik dan Efektif
Stres, Sebuah Renungan
Hobi Kecil Penuh Manfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s