Alasan Mengapa Masa Kecil Lebih Membahagiakan

Adverse-Childhood-Experiences_Live-Well-Lamoille

Ilustrasi anak-anak sedang bermain. Sumber ilustrasi: http://www.livewelllamoille.com

Kenapa iya saat kita masih kecil pikiran kita tidak begitu terbebani. Menjalani waktu dari hari ke hari dengan rasa ceria dan tanpa merasa stres sama sekali. Sungguh waktu-waktu yang sangat menyenangkan bukan?

Nah, pada kesampatan kali saya ini membahas kenapa sih kita jadi lebih bahagia saat waktu kecil ketimbang saat berada dimasa remaja maupun dewasa. Kuy, simak penjelasannya berikut ini…………….

Lebih Banyak Tertawa

Saat kita masih berstatus sebagai anak kecil, kita lebih banyak menghabiskan waktu kita dengan tertawa. Entah itu tertawa saat menonton serial kartun kesukaan atau pun berteman dengan teman-teman sebaya.

Nah, hal tersebut langsung membuat hormon cortisol dan epinephrine yang menjadi penyebab stres menurun drastis karena disalurkan oleh ekspresi keriangan kita yang disebut tawa.

Jujur Dalam Berekspresi

Menangis tersedu-sedu, tertawa ngakak dan ngambek-ngambekan menjadi hal yang lumrah terjadi saat kita masih kecil. Saat kita menangis misalnya kita tidak merasa malu dan sungkan mengekspresikannya. Lho kenapa? Karena kita belum mengenal yang namanya gengsi, nama baik atau pun reputasi.

Saat kita menjadi seorang remaja atau orang dewasa, kita memikirkan reputasi. Kita menganggapnya sebagai tujuan mencapai kebahagian. Saat kita gagal untuk mencapai reputasi yang baik, kita akan merasa stres. Pada hal seharusnya kita sadar bahwa reputasi itu hal yang fana dan tidak abadi.

Orang yang tidak jujur dalam berekespresi dan memilih untuk memendam emosinya cenderung untuk terus-menerus berpikiran negatif dan mengakibatkan tubuhnya memproduksi hormon stres yang membuat hidupnya kurang produktif dan bersemangat.

Saya ngga menganjurkan kamu untuk tertawa ngakak dan menangis bombai di depan keramaian. Karena ada kalanya image diri juga perlu. Saya cuman menganjurkan agar kamu lebih jujur berekspresi dengan memperhatikan situasi. Contoh: ketika kamu ingin menangis, pilihlah tempat yang sepi.

Tidak Memikirkan Banyak Tuntutan

Saat kita kecil kita tidak dituntut dengan banyak hal seperti harus kuliah di universitas ternama, mendapat pekerjaan bergaji tinggi atau pun reputasi yang sempurna.

Saat kita kecil kita hanya dituntut untuk menjadi anak yang baik. Yang tak lupa makan, memperlakukan sesama dengan ramah dan penuh perhatian.

Beda halnya saat kita menjadi remaja atau pun dewasa. Kita dituntut untuk memiliki penampilan yang keren, punya pacar biar ngga dibilang “jones,” punya banyak uang biar ngga malu-maluin, dituntut ini dituntut itu oleh lingkungan sosial kita. Kita jadi lupa untuk menikmati hidup dan hidup kita diperbudak oleh persepsi orang lain. Kita menjadi orang yang sok jaim !

Silakan beri komentar kamu dikolom komentar ­čÖé

Referensi: http://www.psikoma.com/alasan-mengapa-masa-kecil-itu-lebih-bahagia/

http://www.akusehatku.com/2013/08/10-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan.html

http://manfaat.co.id/18-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan

https://hellosehat.com/bahaya-memendam-emosi/

 

 

 

 

 

 

 

Belajar Praktis Menjelang UN

tanulás3

Seorang wanita sedang belajar. Sumber Ilustrasi: http://www.charlottetips.cz

Ngga terasa hari ini kita sudah sampai di tanggal 1 April 2017. Yang kakak-kakak kelas 3 SMP dan SMA pasti lagi fokus belajar karena sebentar lagi harus mengikuti Ujian Nasional. Tapi ngga perlu khawatir karena saya bakal kasih tips menjelang UN biar ngga kelabakan dengan soal-soal ujiannya. kuy mohon disimak !

 

Menggaris Bawahi Kalimat-kalimat Pokok

Saat kamu belajar dengan membaca buku, usahakanlah agar kamu menggaris bawahi kalimat-kalimat pokoknya agar saat kamu lupa atau kurang paham kamu bisa membuka buku dan membaca kalimat-kalimat pokok yang sudah digaris bawahi.

Membuat Latihan Soal

Tips ini hanya berlaku untuk mata-mata pelajaran seperti matematika, ekonomi dan fisika yang membutuhkan pemahaman yang menyeluruh. Buatlah minimal 10 latihan soal sehari 1x untuk membuat pemahamanmu agar lebih mendalam. Sebelum membuat latihan soal, bacalah terlebih dahulu rumus-rumusnya secara mendetail. Sesudah itu praktekanlah lewat latihan soal. Jangan berkecil hati kalau banyak melakukan kesalahan. Kesalahan adalah hal yang lumrah dalam belajar yang penting kamu tetap giat mempelajarinya.

Belajarlah Berkelompok

Belajar secara berkelompok dapat menjadi alternatif belajar yang seru lho ! Terlebih kalau belajarnya bersama para sahabat kita. Utamakanlah berdiskusi saat belajar berkelompok bukan hanya satu orang yang bertugas mengajari yang lain. Ingat. belajar secara berkelompok bukan belajar satu arah !

Buatlah Catatan

Walaupun keliatannya ini klise banget tapi nyatanya masih menjadi salah-satu cara yang ajeg lho untuk belajar. Catatlah pokok-pokok materi yang ada di papan tulis maupun yang diterangkan oleh guru kita saat di kelas. Hal ini penting untuk mengingat kembali apa aja sih yang udah kita pelajari selama ini.

Satu Hal Dalam Satu Waktu

Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, kamu perlu untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu. Cobalah fokus mempelajari 1 mata pelajaran pada 1 hari. Jangan tergoda untuk mempelajari semuah pelajaran karena itu tidak akan efektif. Keunggulan dari cara belajar ini menurut saya adalah kita jadi dapat hasil yang sangat memuaskan karena kita hanya fokus pada satu hal pada satu waktu.

Pintar Memilih Tempat Belajar

Pilihlah tempat belajar yang minim polusi suara agar tidak memecah konsentrasi saat kamu belajar. Saya punya beberapa rekomendasi tempat yaitu kamar tidur (iya klise sih) dan halaman belakang rumah. Untuk opsi halaman belakang rumah, pastikan terlebih dahulu orang tuamu sedang tidak menggunting rumput dan adikmu sedang tidak bermain disitu.

Buat kakak kelas 3 yang mau ikut UN. Semangat iya dan jadikan cita-citamu sebagai motivasi agar kamu lebih giat belajar untuk UN. Sekali lagi semangat ! Oh iya dan jangan lupa iya untuk membaca postingan blog saya selanjutnya.

Baca juga: Kejujuran  

Masyarakat Gampang Terhasut Hoax, Salah Siapa?

Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini

Tips Jitu Biar Ngga Baper Sama Hinaan

 

Referensi: http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/11110985/10.Trik.agar.Belajar.Anda.Efektif

http://www.top10indo.com/2013/10/10-cara-meningkatkan-konsentrasi.html

http://belajarpsikologi.com/cara-belajar-yang-baik/