Agama dan Politik

images (8)

Agama dan Politik. Sumber ilustrasi: ozziethinker.wordpress.con

Agama itu ranah pribadi
Sementara politik adalah ranah publik.

Menurut definisi nya politik adalah sebuah cara untuk merebut kekuasaan baik secara konstitusional maupun non konstitusional.

Kenapa agama dan politik pantas untuk dipisah? Karena bila agama dimasukan ke ranah politik, kebijakan yang seharusnya memihak kepentingan bersama malah jadi memihak kepentingan pribadi/golongan aja.

Plus agama hanya akan jadi “barang dagangan.” Lho kenapa bisa? Kan sudah dijelaskan politik itu cara merebut kekuasaan. Maka bila agama turut serta disitu, agama akan dijadikan alat untuk meraih simpati orang banyak lewat kampanye politik untuk melanggengkan ambisi si politisi.

Pengumuman !

Pengumuman ! Saya tidak akan menulis puisi lagi di platform WordPress. Karena menurut saya postingan puisi saya kurang diminati disini. Sebenarnya udah sejak lama sih saya ngga aktif posting puisi lagi disini, tapi baru sempat ngabarin hari ini.

Sebagai gantinya jika kalian ingin melihat update an puisi-puisi saya kalian bisa follow akun Instagram saya @Arkhan_99 atau add ID Line saya @Arkhan_raka

Alasan Mengapa Masa Kecil Lebih Membahagiakan

Adverse-Childhood-Experiences_Live-Well-Lamoille

Ilustrasi anak-anak sedang bermain. Sumber ilustrasi: http://www.livewelllamoille.com

Kenapa iya saat kita masih kecil pikiran kita tidak begitu terbebani. Menjalani waktu dari hari ke hari dengan rasa ceria dan tanpa merasa stres sama sekali. Sungguh waktu-waktu yang sangat menyenangkan bukan?

Nah, pada kesampatan kali saya ini membahas kenapa sih kita jadi lebih bahagia saat waktu kecil ketimbang saat berada dimasa remaja maupun dewasa. Kuy, simak penjelasannya berikut ini…………….

Lebih Banyak Tertawa

Saat kita masih berstatus sebagai anak kecil, kita lebih banyak menghabiskan waktu kita dengan tertawa. Entah itu tertawa saat menonton serial kartun kesukaan atau pun berteman dengan teman-teman sebaya.

Nah, hal tersebut langsung membuat hormon cortisol dan epinephrine yang menjadi penyebab stres menurun drastis karena disalurkan oleh ekspresi keriangan kita yang disebut tawa.

Jujur Dalam Berekspresi

Menangis tersedu-sedu, tertawa ngakak dan ngambek-ngambekan menjadi hal yang lumrah terjadi saat kita masih kecil. Saat kita menangis misalnya kita tidak merasa malu dan sungkan mengekspresikannya. Lho kenapa? Karena kita belum mengenal yang namanya gengsi, nama baik atau pun reputasi.

Saat kita menjadi seorang remaja atau orang dewasa, kita memikirkan reputasi. Kita menganggapnya sebagai tujuan mencapai kebahagian. Saat kita gagal untuk mencapai reputasi yang baik, kita akan merasa stres. Pada hal seharusnya kita sadar bahwa reputasi itu hal yang fana dan tidak abadi.

Orang yang tidak jujur dalam berekespresi dan memilih untuk memendam emosinya cenderung untuk terus-menerus berpikiran negatif dan mengakibatkan tubuhnya memproduksi hormon stres yang membuat hidupnya kurang produktif dan bersemangat.

Saya ngga menganjurkan kamu untuk tertawa ngakak dan menangis bombai di depan keramaian. Karena ada kalanya image diri juga perlu. Saya cuman menganjurkan agar kamu lebih jujur berekspresi dengan memperhatikan situasi. Contoh: ketika kamu ingin menangis, pilihlah tempat yang sepi.

Tidak Memikirkan Banyak Tuntutan

Saat kita kecil kita tidak dituntut dengan banyak hal seperti harus kuliah di universitas ternama, mendapat pekerjaan bergaji tinggi atau pun reputasi yang sempurna.

Saat kita kecil kita hanya dituntut untuk menjadi anak yang baik. Yang tak lupa makan, memperlakukan sesama dengan ramah dan penuh perhatian.

Beda halnya saat kita menjadi remaja atau pun dewasa. Kita dituntut untuk memiliki penampilan yang keren, punya pacar biar ngga dibilang “jones,” punya banyak uang biar ngga malu-maluin, dituntut ini dituntut itu oleh lingkungan sosial kita. Kita jadi lupa untuk menikmati hidup dan hidup kita diperbudak oleh persepsi orang lain. Kita menjadi orang yang sok jaim !

Silakan beri komentar kamu dikolom komentar 🙂

Referensi: http://www.psikoma.com/alasan-mengapa-masa-kecil-itu-lebih-bahagia/

http://www.akusehatku.com/2013/08/10-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan.html

http://manfaat.co.id/18-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan

https://hellosehat.com/bahaya-memendam-emosi/

 

 

 

 

 

 

 

Belajar Praktis Menjelang UN

tanulás3

Seorang wanita sedang belajar. Sumber Ilustrasi: http://www.charlottetips.cz

Ngga terasa hari ini kita sudah sampai di tanggal 1 April 2017. Yang kakak-kakak kelas 3 SMP dan SMA pasti lagi fokus belajar karena sebentar lagi harus mengikuti Ujian Nasional. Tapi ngga perlu khawatir karena saya bakal kasih tips menjelang UN biar ngga kelabakan dengan soal-soal ujiannya. kuy mohon disimak !

 

Menggaris Bawahi Kalimat-kalimat Pokok

Saat kamu belajar dengan membaca buku, usahakanlah agar kamu menggaris bawahi kalimat-kalimat pokoknya agar saat kamu lupa atau kurang paham kamu bisa membuka buku dan membaca kalimat-kalimat pokok yang sudah digaris bawahi.

Membuat Latihan Soal

Tips ini hanya berlaku untuk mata-mata pelajaran seperti matematika, ekonomi dan fisika yang membutuhkan pemahaman yang menyeluruh. Buatlah minimal 10 latihan soal sehari 1x untuk membuat pemahamanmu agar lebih mendalam. Sebelum membuat latihan soal, bacalah terlebih dahulu rumus-rumusnya secara mendetail. Sesudah itu praktekanlah lewat latihan soal. Jangan berkecil hati kalau banyak melakukan kesalahan. Kesalahan adalah hal yang lumrah dalam belajar yang penting kamu tetap giat mempelajarinya.

Belajarlah Berkelompok

Belajar secara berkelompok dapat menjadi alternatif belajar yang seru lho ! Terlebih kalau belajarnya bersama para sahabat kita. Utamakanlah berdiskusi saat belajar berkelompok bukan hanya satu orang yang bertugas mengajari yang lain. Ingat. belajar secara berkelompok bukan belajar satu arah !

Buatlah Catatan

Walaupun keliatannya ini klise banget tapi nyatanya masih menjadi salah-satu cara yang ajeg lho untuk belajar. Catatlah pokok-pokok materi yang ada di papan tulis maupun yang diterangkan oleh guru kita saat di kelas. Hal ini penting untuk mengingat kembali apa aja sih yang udah kita pelajari selama ini.

Satu Hal Dalam Satu Waktu

Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, kamu perlu untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu. Cobalah fokus mempelajari 1 mata pelajaran pada 1 hari. Jangan tergoda untuk mempelajari semuah pelajaran karena itu tidak akan efektif. Keunggulan dari cara belajar ini menurut saya adalah kita jadi dapat hasil yang sangat memuaskan karena kita hanya fokus pada satu hal pada satu waktu.

Pintar Memilih Tempat Belajar

Pilihlah tempat belajar yang minim polusi suara agar tidak memecah konsentrasi saat kamu belajar. Saya punya beberapa rekomendasi tempat yaitu kamar tidur (iya klise sih) dan halaman belakang rumah. Untuk opsi halaman belakang rumah, pastikan terlebih dahulu orang tuamu sedang tidak menggunting rumput dan adikmu sedang tidak bermain disitu.

Buat kakak kelas 3 yang mau ikut UN. Semangat iya dan jadikan cita-citamu sebagai motivasi agar kamu lebih giat belajar untuk UN. Sekali lagi semangat ! Oh iya dan jangan lupa iya untuk membaca postingan blog saya selanjutnya.

Baca juga: Kejujuran  

Masyarakat Gampang Terhasut Hoax, Salah Siapa?

Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini

Tips Jitu Biar Ngga Baper Sama Hinaan

 

Referensi: http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/11110985/10.Trik.agar.Belajar.Anda.Efektif

http://www.top10indo.com/2013/10/10-cara-meningkatkan-konsentrasi.html

http://belajarpsikologi.com/cara-belajar-yang-baik/

 

 

 

 

 

 

Sensasi Picisan dan Kritik Untuk Awkarin

bukti

Bukti Awkarin mengakui perbuatannya. sumber: kaskus.co.id dari user bernama Hagihanif

Gue rasa belum terlambat untuk ngebahas soal fenomena Awkarin yang populer di dunia maya berkat sensasi yang ia buat. Baru-baru ini ia dilaporkan oleh user change.org yang bernama Donat Oreo Enak karena melecehkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Beginilah isi pernyataan pelapor di situs change.org:

“Saya mewakili seluruh rakyat Indonesia. Melaporkan atas pelanggaran yang sangat berat yang telah dilakukan karin novilda atau yang biasa dikenal aw karin. Atas pelanggaran Pelecehan Lagu Kebangsaan (http://ask.fm/awkarin/answers/135704209788 Selain itu juga banyak kejahatan yang dia lakukan seperti menipu berbagai Online Shop ( bisa di cek instagram @korbanawkarin) menghina agama (bisa di cek di @ewkarinnn.masihada) di instagram dan banyak lagi. Saya harap kita bisa bersatu bersama untuk petisi ini. Terima kasih. Mohon maaf bila nama pembuat petisi seperti itu. Saya hanya ingin menjaga privasi saya. Mohon pengertiannya.”

Sekedar info saja bahwa change.org adalah situs membuat petisi online bagi seluruh netizen di dunia untuk membuat perubahan. Banyak komentar bernada negatif dari netizen tentang perilaku Awkarin ini yang ngga patut dijadiin tauladan. Diantaranya ada komentar dari Ananda Putri yang ngga setuju yang berbunyi: “Saya mendukung karena perbuatan awkarin a.k.a karin novilda merugikan orang lain, sering berkata kasar yang tidak patut dicontoh, melecehkan lagu kebangsaan indonesia raya.”

Fenomena Awkarin, Ketika Sensasi Jadi Jalan Pintas

Awkarin atau Karin Novilda awalnya tidak dikenal publik internet. Namun seiring ia giat memposting foto-fotonya yang fashionable, vulgar dan penuh sensasi sarkasme. Menjadi populer di jaman sekarang ngga susah amat. Terlebih lagi si Karin doyan memamerkan foto vulgarnya dalam bentuk foto maupun video blog (vlog). Otomatis dia dapet perhatian lebih dari para netizen bermata keranjang dan sesaat menjadi viral di dunia maya.

Awkarin dan Efek Dominonya

Fenomena sensasi Awkarin ini bakal berefek domino dan berbahaya ! Kenapa penulis berpikir demikian? Karena kebanyakan follower Awkarin itu masih remaja dibawah umur dan berpotensi mengikutin apa yang Awkarin lakuin termasuk hal-hal yang negatifnya kaya make bocoran buat ujian, berkata-kata kasar sampe jadiin hubungan pacaran sebagai perioritas hidupnya dan mengesampingkan hal-hal lain yang lebih perlu. Ini dibuktikan dengan dia make bocoran jawaban UN karena dia lebih fokus ngurusin hubungan pacarannya.

Solusi Untuk Hal Tersebut

Iya, sebaiknya petisi ini menjadi pemerintah khusus Kementerian Komunikasi karena telah menyalagunakan internet sebagai tempat untuk mengumbar perbuatan vulgar dan pelecahan terhadap lagu wajib nasional, kalau hal ini ngga ditanggapi serius oleh pemerintah akan berefek buruk bagi generasi bangsa.

Referensi:

http://www.tribunnews.com

http://www.change.org

Baca juga:

Hobi Kecil Penuh Manfaat

Stres, Sebuah Renungan

Batin yang Jenuh

SEPOTONG BULAN DI LANGIT PALESTINA

Puisi yang keren !

Blog Sastra F. Rahardi

Sepotong bulan menempel di
langit Palestina masihkah itu
bulan yang beribu tahun silam
ditikam dan dicongkel lalu lepas
dan entah jatuh entah tidak
bulan itu benarkah yang dulu
dirindukan Musa dan dikejar-kejar
Daud dan Goliath
sepotong bulan itu
tidak bulat tidak kuning
tidak tipis tetapi masih mungkinkah
bulan itu menempel di atas Jerusalem

View original post 195 more words

Sebelum Nama, Sebelum Cerita

Sebelum Nama Sebelum Cerita

Rumah Filsafat

da639387b207f5f71e39ce4f4e790e51 pinimg.com

Oleh Reza A.A Wattimena

Alkisah, seorang pria sedang berjalan di pasar. Tiba-tiba, sepotong panah datang dari kejauhan, dan menancap ke lengan kanannya. Rasa sakit langsung menyengat lengannya, dan kemudian menyebar ke sekujur tubuhnya. Panah tersebut telah melukai tubuhnya.

Sejenak, ia berpikir, “Mengapa ini terjadi padaku? Apa yang telah kuperbuat, sehingga aku layak menerima musibah ini? Andaikan aku istirahat di rumah, tentu saja panah itu tidak akan datang padaku. Bagaimana jika lenganku cacat, dan nanti tubuhku tak sempurna lagi, sehingga para wanita akan meninggalkanku?” Inilah “panah kedua” yang melukai pikirannya.

View original post 452 more words

Wacana Naiknya Harga Rokok, Momentum Bagus?

smoking-kills

Ilustrasi. Sumber: modifylifestyle.com

Harga rokok di Indonesia yang dibawah Rp 20.000 menjadi penyebab banyaknya perokok di Indonesia terutama anak dibawah umur rokok di Indonesia. Inilah yang membuat Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily Sriwahyuni Susilowaty berinisiatif untuk menaikan harga rokok.

“Menurut saya untuk penyelamatannya adalah tax rokok harus ditingkatkan, harga rokok harus dimahalkan,” kata Lily di Jakarta, Jumat (3/6) dikutip dari republika.com

Selain itu juga pihak DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Indonesia menyetujui wacana ini lewat ketuanya sendiri Ade Komarudin. Ia berpendapat bahwa wacana itu sekaligus dapat mengurangi jumlah populasi perokok yang menjadi musuh bangsa.

“Saya setuju dengan kenaikan harga rokok,” kata Ade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/8/2016) dikutip dari kompas.com

Opini Pribadi

Iya gue sih jelas mendukung iya wacana berani dari Lily Sriwahyuni bahwa harga rokok bakal dinaikan untuk mencegah perokok pemuka mencegah kebiasaannya. Dan dilihat dari berbagai faktor juga merokok memang merugikan banget. Dilihat dari faktor ekonomi aja nih iya harga rokok di daerah gue itu mencapai Rp 15.000 per bungkus. Kalau dikalkulasiin seminggu aja nih guys bisa nyampe Rp 105.000 ! Dan tentunya itu juga ngeganggu kesehatan karena zat karbon monoksida yang ada di dalam rokok dapat mengikat diri dengan oksigen secara permanen sehingga menghalangi pasokan oksigen ke dalam tubuh dan ini yang membuat si perokok mudah merasakan kelelahan. Penulis juga akan cantumkan zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalam rokok:

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.

Menaikan harga rokok adalah langkah yang briliant ! Kenapa? Karena dengan naiknya harga rokok akan menyurutkan remaja/anak-anak yang penasaran ingin mencobanya selain itu juga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor cukai.

 

Referensi: http://www.kompas.com

                      http://www.republika.co.id

                      id.wikipedia.org

                    http://www.alodokter.com

 

Oknum Politisi

kumulai hari ini dengan secangkir kopi

berharap mendapat sedikit inspirasi

lalu kunyalakan televisi

kutemui lagi-lagi kasus korupsi

yang dilakuin sama oknum politisi

yang melanggar hak uang rakyat yang asasi

sejenak kumerenungi

tentang berbagai persoalan di negeri ini

yang tak kunjung mendapat solusi

berita krisis negeri seolah menjadi konsumsi sehari-hari

aku jenuh dengan setiap kasus korupsi

yang jadi beban di dalam hati

wahai para wakil rakyat

jangan ngurusin perkara maksiat

urusan perkara rakyat

diluar sana masih banyak yang melarat

gara-gara perbuatan kalian yang jahat

yang  mengaku bermartabat

Ulama Bermuka Dua

Ulama Bermuka Dua
Mulutmu berbusa-busa menyuruh orang lain ibadah dan sholat
Namun kau masih doyan mencela dan berbuat maksiat
Sungguh penuh tabiat bejat
Dibalik religiutas sesaat

Sholat lima waktu
Namun enggan membantu
Mereka yang sedang kesusahan
Kesana kemari mencari makan
Hina sekali memakai embel-embel agama
Untuk memoles diri agar diterima masyarakat
Yang penting dapat sanjungan dan seamplop uang

Iya aku bukan pencela agama
Apalagi seorang ulama
Aku hanya berbicara apa adanya
Tentang sebuah realita
Disekitar kita.

Ustadzah yang Suka Mencela
Mengaku seorang ustadzah
Namun lancang mencela
Sesama wanita
Yang kau anggap tak mulia
Karena bersolek dan tak memakai cadar

Kau anggap mereka tak dapat pintu surga
Namun siapa yang dapat menebak masa depan?
Kau bukan otoritas surga apa lagi perangkat tuhan
Kenapa kau begitu lancang menghardik?
Pada hal saban hari kau berdzhikir
Namun seolah-olah tahu detil-detil sebah akhir

Jagalah lisanmu
Sebelum kau berceramah kesana-kesitu
Bukannya sok menasehatimu
Aku hanya berusaha membantu.

Anak Punk
Jangan berpresangka dulu kawan
Ia memang anak punk,  berdandan nyetrik dan sangar
Tapi siapa yang tahu jika di rumah ia rajin beribah
Walaupun kesannya ia adalah bedebah

Jangan buru-buru menghakimi
Bisa jadi ia seorang yang mempunyai nurani
Dan dosa bila kita sakiti
Dengan kata-kata yang menghujami sanubari hati

Iya, kawan jangan selalu melihat penampilan luar
Ia memang sangar
Namun tak sanggup benar jika berlaku kasar
Pada binatang jalanan yang terlantar.