Sertifikasi Ulama, Kenapa Tidak?

image

Sumber: file pribadi

Wacana sertifikasi ulama rasanya kembali menggema ke publik karena adanya aksi terorisme belum lama ini. Seperti biasa ada pro dan kontra yang terjadi. Banyak dari umat Islam beranggapan bahwa wacana tersebut menghalangi kebebasan ulama dalam berdakwah dan cenderung bersikap curiga terhadap umat Islam. Sementara yang pro sendiri beranggapan bahwa sertifikasi ulama penting untuk dilakukan di Indonesia, karena Indonesia sebagai negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di dunia, harus memiliki program sertifikasi ulama guna menjaga agar para ulama tidak membandel atau menyebarkan ujaran kebencian di dalam rumah peribadatan.

Memahami Hakikat Ulama
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ulama (ula-ma) adalah orang yang ahli dalam hal atau dalam pengetahuan agama Islam.

Walaupun demikian, ulama pada dasarnya hanya manusia seperti kita. Manusia tidak memiliki kebenaran absolut. Manusia bisa saja sewaktu-waktu salah termasuk juga ulama.

Ulama adalah sebuah label. Baik-buruknya seseorang tidak ditentukan oleh label yang ada pada dirinya. Saya beri sebuah perumpaan: Surti dilabeli oleh teman-temannya sebagai orang yang bodoh, tetapi pada kenyataannya dia bisa mempresentasikan materi geografi dengan spontan, singkat dan jelas. Jadi kesimpulannya adalah sebuah label tidak selalu menentukan sifat seseorang.

Benarkah Sertifikasi Ulama Itu Ancaman?
Banyak ulama yang salah kaprah tentang wacana sertifikasi ulama. Mereka merasa terancam karena takut tidak bisa berdakwah dengan bebas karena selalu dicurigai, pada hal kenyataannya tidak seperti itu.

Program sertifikasi ulama justru dapat dijadikan acuan untuk memilah siapa saja ulama yang layak dan berkualitas untuk berdakwah. Ini adalah sebuah langkah antisipasi yang baik untuk menangkal terorisme. Coba bayangkan kalau ulama-ulama radikal dibiarkan menyebarkan dakwah penuh kebencian dan intolerannya. Masjid yang seharusnya dijadikan tempat untuk menyebarkan syiar kedamaian, justru dijadikan tempat menebarkan kebencian oleh ulama-ulama intoleran dan radikal. Lagi pula, kalau memang ulama-ulama yang menantang wacana tersebut merasa menjadi ulama yang baik dan bertaqwa kepada Allah SWT, kenapa merasa terancam dengan wacana tersebut? Ahh, barangkali mereka takut kehilangan panggung untuk berdakwah.

Silakan berikan komentar anda untuk artikel saya ini. Komentar yang kritis dan membangun akan saya harapkan sekali ūüôā terimakasih !

Masyarakat Gampang Terhasut Hoax, Salah Siapa?

http://www.makanbaso.com

Ngga bisa dipungkiri bahwa banyak banget berita hoax menyebar saat ini lewat media sosial yang menyinggung masalah SARA. Dan yang lebih parahnya adalah banyak masyarakat yang percaya akan berita hoax tsb.

Lantas siapa pihak yang patut disalahkan? Tidak lain dan tidak bukan adalah sistem pendidikan. Sistem pendidikan kita yang menekankan pada hapalan dan kepatuhan buta menjadikan masyarakat (terutama generasi muda) lebih mudah termasuk info hoax.

Masyarakat kita tidak mengecheck kembali apakah berita tersebut kredibel atau tidak. Sekedar mengkonsumsi tapi ngga dicerna, sekedar memilih tapi tidak bisa memilah.

“Ouh, katanya si anu tuh bla…..bla…..bla….bla.”
“Ouh ngga nyangka iya dia bisa kaya git.”

Kurang lebih seperti itulah gambaran masyarakat kita yang lebih percaya “katanya” ketimbang “apa buktinya.”

Solusi
Solusi yang bisa kita capai adalah dengan merubah sistem pendidikan negara kita yang menekankan pada pemahaman dan berpikir kritis dari pada hapalan agar generasi muda menjadi seorang yang memiliki mindset/atau pola pikir yang maju.

Oke, sekian dulu ulasan saya kali ini. Tentunya komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan dari pembaca. ūüôā

Ini Cara Jitu Belajar Tanpa Beban !

image

Ilustrasi buku. Sumber: www.
Universityexpress.co.id
kalian sebagai pelajar pasti perna yang namanya ngalamin terbebani sama rutinitasnya dan berbentrokan dengan waktu istirahat serta bermainnya.

Gue sebagai pelajar juga perna ngalamin tetapi setelah gaul sama temen-temen gue dan sharing pengetahuan dan melalui perenungan yang panjang akhirnya gue bisa ngehandle persoalan tersebut.

Nah, mau tahu apa aja caranya biar tetep bisa produktif dan ngga terbebani rutinitas sekolah? Check dibawah ini…..

Buat Buku Agenda
Iya, buku agenda ini penting banget lho ! Dengan adanya buku agenda ini lo bisa catet PR apa aja yang musti lo kerjain dan di hari apa lo bisa kumpulin.

Selain itu juga nih buku agenda berguna buat nyatet kegiatan lo yang lain kaya ngelakuin ekstrakulikuler, kerja kelompok dan juga waktu nongkrong biar lebih terjadwal.

Catatan: jangan lupa juga cantumin tanggal hari H nya lo bakal ngelakuin kegiatan tersebut di dalam buku agenda.

Manfaatin Waktu Break/Istirahat

Fix ! Pokoknya kalau di jam istirahat lo fokus have fun/bersenang-senang, makan kek ngemil kek tapi jangan mikirin pelajaran !

Biar materi pelajaran/atau PR lo itu lo kerjain di waktu semalamnya. Biar lo bisa lebih nyempetin waktu istirahat lo dengan benar. Otomatis dengan lo manfaatin waktu istirahat lo itu kondisi hati/mood lu jadi lebih bagus dan lo ngga bakal ngalamin gunjangan psikologis yang berarti saat udah masuk ke kelas buat belajar

Sekedar saran aje nih, pas lagi istirahat pastiin lu beli minum air mineral (jangan es teh manis) selain lebih sehat, air mineral jernih bisa nambah konsentrasi lo dan ini bisa nilai plus tersendiri saat lo lagi mencoba fokus belajar.

Sharing Sama Orang Tua/Teman

Ngga perlu sungkan atau malah buat sharing ke orang tua ataupun teman tentang materi yang kurang lo kuasain.

Coba minta orang tua/temen lo itu buat nyontohin cara ngerjain
tugasnya karena kalau cuma disekedar disampein lewat kata-kata ngga begitu meresap di dalam otak.

Garis Bawahi Pokok-Pokok Materinya

Lo ngga perlu baca materi pelajarannya dari berbagai halaman. Cukup garis bawahi aja pokok-pokok kalimatnya.

Setelah itu hafalkan kalimat-kalimat yang udah digarisbawahi itu biar lo paham materinya.

Oke, itulah hal-hal gue bisa sampein di postingan blog gue kali ini. Jangan sungkan buat kasih opini lo di kolom komentar. Semoga bermanfaat !

Baca juga: Belajar Asik dan Efektif
Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini
Stres, Sebuah Renungan

Sensasi, Pembodohan dan Kritik Untuk Fenomena Kekinian

image

Anak-anak Hits yang sedang mencoba populer dengan sensasi. Wajah sengaja disensor untuk menjaga privasi.

Sekarang ini pasti kita ngga asing dengan Kata “Hits dan “Kekinian”. Istilah-istilah itu paling terkenal di sosial media terutama Instagram. Kalau kalian jelajahin kolom pencarian di Instagram dengan Hastag #Kekinian atau bisa juga #gaulkekinian kalian bakal menemukan banyak anak muda (yang notabane pelajar) yang berpose aneh-aneh, dengan seragam sekolah ketat/pakaian mini yang menunjukan leku tubuh. Ngga jarang juga mamerin gaya hidup mewah borjuis. Yang gue heranin, mereka upload foto-foto dengan pose vulgar dan make seragam sekolah yang dah dipermak ketat tapi ngga dikasih teguran atau sanksi sama pihak sekolahnya.
Entah karena pihak sekolahnya ngga mengawasi para pelajarnya lewat sosial media atau apatis terhadap perilaku moral mereka.

Biasanya mereka mamerin barang mewah kaya smartphone Iphone dan ngga lupa juga foto di dalam mobil ! Biar dianggap kaya dan berada.

Disini gue prihatin banget dengan sikap mereka yang apatis dan narsis itu. Selain itu dengan mereka pamerin kekayaan yang mereka punya entah itu Iphone atau baju mahal bakal menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan kaum kelas bawah/proletar dan berpotensi besar mengakibatkan chaos (kerusuhan).

Berikut gue akan infoin bahaya apa aja yang ditumbulin dari fenomena kekinian ini:

Mengganti Orientasi Anak Muda
Dengan adanya fenomena kekinian ini bakal ngebuat anak muda menjadi berorientasi sama uang, kemewahan dan cuma peduli penampilan luar/kulitnya saja.

Sementara mereka bersikap apatis sama krisis moral yang terjadi sama bangsanya, bakal acuh sama masa depan bangsanya sendiri karena lebih popularitas semata !

Seperti yang kita ketahui bahwa generasi muda itu adalah tulang punggung suatu bangsa. Kalau generasi mudanya bejat bangsa tersebut akan hancur dengan sendirinya.

Membebani Keluarga
Kalau kita perhatikan anak-anak Hits itu datang dari keluarga kelas atas yang pastinya ngga sulit buat ngebeliin anak-anaknya barang mahal kaya Iphone.

Tapi bakal jadi masalah tersendiri alau anak Hits itu datang dari kelarga kelas mengah kebawah. Bisa dibayangin dong kalau dia minta barang-barang mewah khas kaum borjuis tapi penghasilan orang tuanya cuma cukup untuk kebutuhan primer.

Nah, inilah yang menciptakan masalah sosial yang baru. Ngga jarang anak Hits yang keinginannya ngga diturutin karena orang tuanya ngga punya biaya yang cukup, memilih jalan pintas seperti menjadi Pekerja Seks Komersial (PSK) !

Di daerah gue sendiri banyak banget yang maksain keliatan Kekinian dan Hits dengan jadi PSK biar dapet modal yang cukup buat jadi anak Hits.

Menjadi Aib dan Sampah Masyarakat
Udah barang pasti mereka bakal sampah masyarakat. Dengan siklus hidup mereka yang shopping-foto-pamer di sosial media membuat keterampilan, intelegensi dan daya pikir mereka menurun drastis karena jarang dilatih.

Bukti kongkrit dari anak Hits yang jadi sampah masyarakat adalah Awkarin atau yang bernama asli Karin Novilda. Ia menjadi viral di sosial media karena sensasinya yang selalu mengumbar foto vulgar dan kata-kata kasar. Belum cukup sampai disitu, ia juga sempat memplesetin dan menghina lagu Indonesia Raya dengan kata kasar yang berujung pelaporan lewat petisi online oleh seorang netizen. Bagi yang ingin ikut memberi petisi,  klik link ini

Terlebih lagi followers dan penggemar si Awkarin ini banyak banget yang notabane masih remaja.

Dia bisa menjadi role model atau panutan yang buruk buat anak muda. Mereka bakal berpikir kalau melecehkan lambang negara sebagai hal biasa dan menghilangkan rasa hormat sama negaranya sendiri !

Gue sebagai anak muda prihatin banget dengan fenomena ini. Anak-anak Hits cuma mikirin dapet perhatian dan bisa popular di sosial media tanpa memperhatikan dampaknya. Dan ini yang gue sebut sebagai pembodohan masa modern !

Kasih opini lo di kolom komentar iya ūüôā siapa tahu bisa jadi bahan diskusi. Makasih banyak udah baca artikel gue. Semoga bermanfaat !

Baca juga: Tips Jitu Biar Ngga Baper Sama Hinaan
Sensasi Picisan dan Kritik Untuk Awkarin
Wacana Naiknya Harga Rokok, Momentum Bagus?

Punk dan Sisi Positifnya

Bagi orang awam yang mendengar kata itu pasti langsung terbersit dengan segerombolan anak uraka bercelana ketat dan berambut mohawk yang selalu meresahkan masyarakat dengan keonarannya. Pada jika kita berpikir jernih, punk yang sebenarnya bukan seperti itu ! Punk yang selalu digambarkan masyarakat awam hanya punk poser/punk yang palsu (yang cuma ikut-ikutan). Punk yang sebenarnya adalah ideologi pemberontakan yang beretoskan semangat kemandirian DIY (Do It Yourself) atau kurang lebih artinya lakukan dengan dirimu sendiri. Kali ini gue akan membahas apa aja sisi positif yang bisa kita ambil dari ideologi Punk.

Punya Semangat Kemandirian Tinggi
Mungkin disaat orang-orang menengah kebawah memilih mengemis dan meminjam uang kesana-kesini, tidak demikian dengan anak-anak Punk.

Mereka mencoba memakai uang tabungan mereka dari mengamen atau ngegigs untuk berbisnis berbagai macam
merchandise seperti kaos, jaket dan gelang. Dari menjahit sampai mewarnai jaket mereka lakukan sendiri tanpa ketergantungan korporasi atau orang lain.

Semangat Solidaritas yang Tinggi
Mereka (anak-anak Punk) juga mempunyai solidaritas yang tinggi. Berdasarkan apa yang gue lihat di forum internet para anak punk mengaku punya solidaritas yang tinggi dan ngga mau membiarkan teman mereka sendiri kesusahan. Ibaratnya kalo temennya blom makan dia bakal dengan senang hati nyariin makanan biar bisa makan bareng-bareng.

Selain itu juga penulis seorang punk (tanpa rambut mohawk, hehehe) dan punya teman punk. Dan saat kita nongkrong ngga ada yang boleh asik sendiri sama gadgetnya. Juga ngga ada yang boleh ngopi sama ngemil sendiri, dia rela ngeluarin uangnya buat beli kopi dan cemilan untuk kehangatan kebersamaan nongkrong.

Solusi Untuk Masalah Pengangguran
Kalau ada yang bilang para anak Punk itu urakan dan pengangguran, maka dia salah besar. Punk justru antitesa dari pengangguran. Definisi pengangguran:
Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak (id.wikipedia.)

Nah justru kan Punk selalu berusaha berkarya, menjual berbagai merchandise, menghemat uang dari hasil ngamen/atau ngegigs untuk kebutuhan sehari-harinya. Mereka mengatasi masalah pengangguran dan ekonomi dengan cara kegigihan dan keterampilan seni yang luar biasa.

Punk bisa sangat berguna bagi kelompok mereka sendiri maupun masyarakat umum dan negara karena bisa mengatasi permasalahan kompleks seperti pengangguran dan kemiskinan karena etos DIY mereka.

Pemerintah bisa membantu eksistensi mereka dengan memberi suntikan modal kepada setiap komunitas Punk di berbagai daerah untuk mendukung industri keterampilan rumahan mereka. Selain itu juga pemerintah dapat memberi edukasi ke masyarakat bahwa Punk tidak melulu soal mabuk-mabukan atau kegiatan urakan. Punk mempunyai sisi positif yang harus digali dan sisi negatif yang harus ditinggalkan. Pemerintah dapat membantu mengubah mindset atau pola pikir masyarakat awam yang negatif tentang Punk.

Kritis dan Peka
Sikap anak-anak Punk yang suka mengkritik kebiasaan negatif masyarakat yang konsumtif serta kebijakan pemerintah yang sewenang-sewenang dapat mendidik orang-orang agar berpikir kritis dan peka dengan persoalan yang terjadi agar tidak tinggal diam dan membukam mulut.
Referensi:
http://googleweblight.com/?lite_url=http://andesmario91.blogspot.com/2012/10/makalah-2-perilaku-sosial-anak-punk.html?m%3D1&ei=U7rAOMbs&lc=id-ID&s=1&m=916&host=www.google.co.id&ts=1472812239&sig=AKOVD67-B3pPdJzQt14NAvojubLi1BF5Fw

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengangguran

Baca Juga:

Hobi Kecil Penuh Manfaat
Stres Sebuah Renungan
Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Tidur
Antara Desa dan Ibu Kota

Sebelum Tidur, Perhatikan Hal-Hal Ini

image

Insomnia atau masalah susah tidur seolah menjadi momok yang menakutkan terutama bagi pelajar seperti kita yang mempunyai jadwal padat dipagi harinya.

Kurang tidur membuat kita kurang bersemangat dan fit di pagi hari sehingga mengurangi produktivitas. Nah kalo udah kaya gini pasti konsentrasi dan prestasi ktia dipertaruhkan disituasi ini. Nah berikut gue bakal bagi/sharing tips-tipsnya sama loe.

Minum Susu Sebelum Tidur
Ritual minum susu sebelum tidur ini juga ternyata ampuh banget cuy ! Biasanya anak-anak dibawah usia sebelas tahun yang tetap rutin ngelakuin ritual ini sementara para remaja kaya kita udah jarang banget ngelakuinnya. Hmm….mungkin karena mager kali iya, ehehehe. Sebenarnya minum susu sebelum tidur di malam hari itu bermanfaat banget lho buat ngebantu lo biar bisa tidur nyenyak.

Dan  ini pun terbukti secara ilmiah. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa segelas susu mempunyai nutrisi asam amino tritopan yang berguna untuk meringankan masalah tidur seseorang. Ini karena asam amino tritopan dapat membuat seseorang merasa lebih relax untuk persiapan tidurnya.

Jangan Minum Kopi di Malam Hari
Iya, gue kira ini sangat masuk akal karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu jam tidur kita di malam hari karena efek yang bertahan hingga berjam-jam.
Kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon utama tidur di tubuh. Tingkat melatonin yang berfluktuasi membantu menentukan waktu alami tubuh untuk tidur dan bangun dari tidur (bbc indonesia).

Nah, ada baiknya agan ngopi pas di sore hari. Jangan ngopi dibawah jam 6 sore karena efeknya itu tadi jadi ngga bisa tidur. Ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Jangan Tunda Jam Tidur
Disaat lo ngelakuin hal lo suka dimalam hari dan mengabaikan rasa kantuk lo, gue rasa lo harus cepet berubah dari kebiasaan lo itu. Banyak remaja yang nahan rasa kantuknya karena begadang. Nah ini ngga baik juga lho kalau dilakuin berlebihan.

Jam tidur yang ditunda bisa menimbulkan insomnia dan pada akhirnya lo malah ngga bisa tidur karena stimulasi ngantuk lo udah habis.

Dengerin Musik
Mendengarkan musik bisa jadi pilihan yang oke sebelum lo beranjak tidur. Karena musik bisa menstimulasi suasana hati/mood lo menjadi lebih asik.
Saran: dengerin musik make headset atau earphone biar suaranya keliatan lebih jelas lalu tutup mata lo dan rasain emosi lagu yang lo dengerin. Entah itu ceria, melankolis atau yang bertema perjuangan.

Nah, gue harap dengan gue sharing di postingan gue kali ini bisa bermanfaat buat lo yang lagi ngerasain insomnia. Dan inget lo ngga sendiri gue juga ngerasain apa yang lo rasa. Jadi tetep optimis iya !

Referensi: http://www.carakhasiatmanfaat.com
http://www.cnnindonesia.com
http://www.alodokter.com

Baca Juga:
                      Wacana Naik Harga Rokok, Momentum Bagus?
Belajar Asik dan Efektif
Stres, Sebuah Renungan
Hobi Kecil Penuh Manfaat

Antara Desa dan Ibu Kota

Menjauh dari segala parasit benalu
Yang kebaradaannya tak membantu
Senyum mereka adalah senyum palsu
Dibalik semuah hal itu
Mereka berniat mencelakaiku

Baringkan tubuh sejenak lihat kejendela
Sambil bayangkan teman-teman lama
Yang baik tak terhingga
Berharap aku bisa cepat-cepat kesana
Dan bertemu mereka semuah
Jadi pelipur sesak di dalam dada

Tak ada yang lebih baik dari teman-teman lama dan keluarga
Yang setia menunggu di desa
Disiniku saban hari disiksa
Oleh kebejatan setan ibu kota
Yeah, aku akan kembali dan menangis bersama
Disana, di sebuah desa.

Baca Juga: Batin yang Jenuh
                     Oknum Politisi
                    

Sensasi Picisan dan Kritik Untuk Awkarin

bukti

Bukti Awkarin mengakui perbuatannya. sumber: kaskus.co.id dari user bernama Hagihanif

Gue rasa belum terlambat untuk ngebahas soal fenomena Awkarin yang populer di dunia maya berkat sensasi yang ia buat. Baru-baru ini ia dilaporkan oleh user change.org yang bernama Donat Oreo Enak karena melecehkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Beginilah isi pernyataan pelapor di situs change.org:

“Saya mewakili seluruh rakyat Indonesia. Melaporkan atas pelanggaran yang sangat berat yang telah dilakukan karin novilda atau yang biasa dikenal aw karin. Atas pelanggaran Pelecehan Lagu Kebangsaan (http://ask.fm/awkarin/answers/135704209788 Selain itu juga banyak kejahatan yang dia lakukan seperti menipu berbagai Online Shop ( bisa di cek instagram @korbanawkarin) menghina agama (bisa di cek di @ewkarinnn.masihada) di instagram dan banyak lagi. Saya harap kita bisa bersatu bersama untuk petisi ini. Terima kasih. Mohon maaf bila nama pembuat petisi seperti itu. Saya hanya ingin menjaga privasi saya. Mohon pengertiannya.”

Sekedar info saja bahwa change.org adalah situs membuat petisi online bagi seluruh netizen di dunia untuk membuat perubahan. Banyak komentar bernada negatif dari netizen tentang perilaku Awkarin ini yang ngga patut dijadiin tauladan. Diantaranya ada komentar dari Ananda Putri yang ngga setuju yang berbunyi: “Saya mendukung karena perbuatan awkarin a.k.a karin novilda merugikan orang lain, sering berkata kasar yang tidak patut dicontoh, melecehkan lagu kebangsaan indonesia raya.”

Fenomena Awkarin, Ketika Sensasi Jadi Jalan Pintas

Awkarin atau Karin Novilda awalnya tidak dikenal publik internet. Namun seiring ia giat memposting foto-fotonya yang fashionable, vulgar dan penuh sensasi sarkasme. Menjadi populer di jaman sekarang ngga susah amat. Terlebih lagi si Karin doyan memamerkan foto vulgarnya dalam bentuk foto maupun video blog (vlog). Otomatis dia dapet perhatian lebih dari para netizen bermata keranjang dan sesaat menjadi viral di dunia maya.

Awkarin dan Efek Dominonya

Fenomena sensasi Awkarin ini bakal berefek domino dan berbahaya ! Kenapa penulis berpikir demikian? Karena kebanyakan follower Awkarin itu masih remaja dibawah umur dan berpotensi mengikutin apa yang Awkarin lakuin termasuk hal-hal yang negatifnya kaya make bocoran buat ujian, berkata-kata kasar sampe jadiin hubungan pacaran sebagai perioritas hidupnya dan mengesampingkan hal-hal lain yang lebih perlu. Ini dibuktikan dengan dia make bocoran jawaban UN karena dia lebih fokus ngurusin hubungan pacarannya.

Solusi Untuk Hal Tersebut

Iya, sebaiknya petisi ini menjadi pemerintah khusus Kementerian Komunikasi karena telah menyalagunakan internet sebagai tempat untuk mengumbar perbuatan vulgar dan pelecahan terhadap lagu wajib nasional, kalau hal ini ngga ditanggapi serius oleh pemerintah akan berefek buruk bagi generasi bangsa.

Referensi:

http://www.tribunnews.com

http://www.change.org

Baca juga:

Hobi Kecil Penuh Manfaat

Stres, Sebuah Renungan

Batin yang Jenuh

Stres, Sebuah Renungan

Stres, semuah orang pasti perna ngerasain stres karena tekanan hidup/tuntutan kerjaan. Sebenarnya apa sih itu stres? Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Jadi stres berasal dari ketegangan dan ketegangan berasal dari cara berpikir berlebihan dan rasa cemas. Sebenernya ada cara-cara simple yang ngga susah amat tapi harus dilakuin secara continue (terus-menerus).

Meditasi Adalah Sebuah Solusi
Sepengalaman penulis bermeditasi adalah aktivitas yang jitu buat meredam/menghilangkan rasa stres. Ngga perlu lama-lama kok 10 sampe 15 menit aja udah cukup buat ngerasain manfaatnya. Penulis biasanya melakukan meditasi sambil menghitung 1 sampe 50 biar lebih fokus. 

Meditasi bisa lo lakuin di tempat yang sunyi atau minim suara seperti kamar tidur atau kamar mandi (kalau ngga bau). Duduk bersila atau di kursi juga bisa asalkan posisi punggung lo tegak dan leher lo sedikit di kebawahin. Ini berguna biar lo lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan tarik nafas keluar nafas.

Berpikir ke Akar Masalah
Jangan mati-matian mencoba buat ngga over thinking (berpikir berlebihan) itu malah membuat lo makin dikejar over thinking lo dan pikiran lo ngga perna damai.

Sebaliknya, biarkan diri lo tenang dulu. Tarik nafas tahan selama 10 detik terus keluarin dan lakuin hal itu sedikitnya 4x aja. Sesudah itu lo mulai berpikir deh ke akar masalah.

Gue kasih contoh akar masalahnya: “aduh, gimana iya gue takut nilai ujian gue jelek nanti,”
Nanti berarti akar masalah lu adalah takut nilai ujian lo jelek. Sekarang coba lawan rasa takut lo dengan argumen ini: “gimana kalo nilai gue ngga bakal jelek? Gimana kalo justru nanti nilai gue bagus karena giat belajar dan sebelumnya juga gue perna dapet nilai yang bagus. Gue pasti sanggup ngelakuinnya !”

Ngelawan segala kemungkinan-kemungkinan jelek dengan kemungkinan-kemungkinan bagus yang bakal terjadi ngebuat diri lo lepas dan rasa cemas. Apa lagi kalau lo bisa memberi motivasi ke diri lo sendiri kaya “gue pasti bisa ngelakuin hal itu karena sebelumnya gue bisa ngelakuinnya,” bakal ngebuat lo lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas lo.

Mengubah Mindset/Pola Pikir
Saat lo terbebani dengan isi kepala lo yang cenderung negatif sama apa yang akan terjadi nanti/di masa depan. Ada yang harus dirubah di dalam diri lo, yaitu mindset lo !

Lo sering takut apa masa depan lo cerah atau ngga, pacar lo setia atau ngga dan apa lo itu cukup baik dimata orang-orang atau ngga.

Stop ngelakuin tindakan bodoh kaya gitu karena itu justru makin membani lo. Mulai berpikir positif dan jangan terlalu berharap, baik sama sikap pendapat orang tentang lo maupun keinginan duniawi. Terlalu banyak pengharapan bakal ngebuat makan terlalu banyak kekecewaan.

Sebaliknya lo harus mulai bersyukur dan menikmati apa yang udah lo capai dan punya. Lo fokus kedua hal itu dan ngga terlalu banyak berharap, bakal ngebuat hidup lo lebih bahagia.
Umpamanya aja gini lo ngga bahagia karena lo cuma punya sepatu converse dan belom punya sepatu adidas. Tapi seharusnya lo melihat sisi positifnya kalau lo masih punya sepatu untuk dipakai sehari-hari dan converse termasuk sepatu yang ngga kalah keren dari adidas.

Hobi Kecil Penuh Manfaat

image

Dokumentasi pribadi

Hei hei ketemu lagi sama gue ! By the way, semuah orang yang ada di dunia ini pasti punya hobi termasuk lo juga. Hobi bisa ngilangin rasa suntuk ama stres. Semuah rasa jenuh/suntuk lo teralihkan oleh hobi yang lo lakuin. Nah, gue mau infoin ini ke elu apa aja hobi yang bisa bermanfaat banget buat lo !

1.Membaca
Angka kegemaran membaca di Indonesia masih jauh banget dari negara-negara di dunia yaitu hanya sebesar 0,001 ! Ntuh makanya jadiin membaca sebagai hobi lo. Membaca dapet mendatangkan manfaat diantaranya ngilangin rasa stres karena lo terfokus membaca isi bukunya dan hanyut dalam imajinasi. Selain itu juga membaca bisa ngebuat daya inget lo lebih tajem dan lo bisa nemuin istilah/kata-kata baru yang menambah wawasan lu pastinya !

2.Bermeditasi
Bermeditasi bisa jadi pilihan yang tepat saat lo udah kelar sama kerjaan/atau tugas sekolah lo. Bermeditasi juga bisa ngebuat sirkulasi darah lu lancar, meredam rasa stres dan keinginan buat berpikir berlebihan (over thinking). Karena saat meditasi lo terfokus dengan nafas lo yang keluar masuk lewat hidung dan mulut.

3.Minum Teh
Aktivitas yang suka dilakuin orang Inggris ini juga ngga kalah mengasyikan. Gue saranin minum teh di akhir pekan, diluar rumah atau ruangan yang dekat jendela luar. Pikiran lo jadi lebih tenang saat tegukan pertama teh lo masuk ke tenggorokan lu. Tarik nafas keluar masuk sebanyak empat kali aja (tapi perlahan-lahan) biar lebih ngefek.

4.Tidur
Simple iya? Tapi tidur bermanfaat banget lho. Tidur mencegah lo berpikir berlebihan dan menetralisir beban pikiran lo dengan adanya mimpi. Makan kacang sama minum susu anget 10 menit sebelum lo tidur. Kalo itu ngga berhasil coba berbaring di tempat tidur, tutup mata lu meditasi sampe hitungan ke 50. Saat lo udah ngelakuin itu batin lo jadi lebih relax dan lo udah siap buat tidur !

                    Lihat Juga:
Belajar Asik dan Efektif
Penaikan Harga Rokok, Momentum Bagus?